moodboard fashion

Pentingnya Moodboard untuk seorang desainer

Apa itu Moodboard

moodboard
moodboard

Mood board adalah komposisi gambar yang dibuat sebagai referensi untuk menentukan ide dari desain yang akan dibuat. Moodboard dibuat dengan mempergunakan guntingan-guntingan gambaran yang diperoleh dari majalah (style magazine) maupun gambar-gambar desain karya desainer.

Tujuan pembuatan moodboard 

Tujuan dari pembuatan mood board adalah untuk menentukan tujuan, arah dan panduan dalam membuat karya cipta bertema, sehingga proses kreativitas yang dibuat tidak menyimpang dari tema yang telah ditentukan.

Konsep mood board dibuat dengan menuangkan ide-ide atau sumber gagasan sesuai dengan tema serta tujuan dari pembuatan karya tersebut. Berbagai tema dapat diangkat sebagai sumber ide/gagasan dalam proses berkreasi, yaitu dengan mengambil tema berdasarkan tren yang ada pada zaman dahulu, masa kini dan yang akan datang.

Selain dari itu tema juga dapat diambil dari kebudayaan tradisional, modern, etnik ataupun budaya kontemporer.

Media mood board dikerjakan di atas kertas berukuran 40 cm x 40 cm atau 30 cm x 50 cm (landscape), dengan isi / materi sebagai berikut :

1. Tema dan karakter karya yang akan diangkat

2. Penggayaan busana yang sedang tren (image style)

3. Warna yang akan digunakan dalam pembuatan desain busana (image colour)

4. Corak bahan, bila akan mengangkat corak tertentu pada koleksi yang akan dibuat.

Berikut adalah contoh mood board dengan tema “Beauty of Red” yang akan dijadikan panduan dalam pembuatan media promosi usaha busana (media advertising).

beauty of red
beauty of red

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *