Pengenalan Alat Jahit

Pengertian Alat Jahit


Alat jahit adalah alat-alat yang digunakan untuk keperluan menjahit, baik untuk membuat busana, lenan rumah tangga atau benda lain yang dibuat dengan cara dijahit, baik jahit tangan maupun dengan bantuan mesin.

Alat jahit dapat dikelompokkan menjadi dua :

  1. Alat jahit pokok.
  2. Alat jahit penunjang.

 

Alat Jahit Pokok


Alat jahit pokok merupakan peralatan menjahit utama yang pertama kali harus dipersiapkan karena digunakan secara langsung pada proses menjahit. Yang termasuk alat jahit pokok adalah mesin jahit sesuai jenisnya. Mesin jahit dikelompokkan menjadi 5 (lima) jenis, yaitu :

  • Mesin Jahit Manual
  • Mesin Jahit Semi Otomatis
  • Mesin Jahit Otomatis
  • Mesin Jahit Industri
  • Mesin Jahit Khusus/Penyelesaian

 

Mesin Jahit Manual

Yaitu mesin jahit yang berfungsi hanya untuk menjahit setikan lurus. Mesin jahit ini terdiri dari mesin jahit engkol tangan dan mesin jahit kaki.

  • Mesin jahit tangan menggunakan engkol yang diputar oleh tangan untuk mengoperasikannya.
  • Mesin jahit kaki dioperasikan dengan menginjak/menekan injakan kaki mesin ke depan dan kebelakang.

Mesin ini sudah jarang kita jumpai, karena dalam perkembangannya, bagian mesinnya sudah dipasang dynamo listrik sebagai motor penggerak dalam mengoperasikan mesin, sehingga bisa lebih efektif dan efisien.

mesin jahit manual

mesin jahit manual pedal kaki

 

Mesin Jahit Semi Otomatis

Mesin jahit semi otomatis dapat menghasilkan setikan lurus dan setikan hias dengan bantuan alat cam (pola hias). Mesin jahit semi otomatis biasanya memiliki fasilitas pola jahitan yang banyak, dapat juga dipergunakan untuk menjahit semi obras, bordir, membuat lubang kancing, dan pasang kancing.

Selain berfungsi untuk jahit lurus (setik lurus), mesin jahit semi otomatis dapat digunakan untuk membuat setikan hias dengan menggunakan cam (pola hias), lubang kancing, pasang kancing, dan sebagainya tergantung tipe mesinnya.
Cara kerjanya dengan menginjakkan kaki ke pedal mesin (yang menggunakan motor listrik). Membuat setikan hias dapat dilakukan dengan pola hias (cam) yang dapat di ganti pasang sesuai motif yang diinginkan.
mesin semi otomatis

 

Mesin Jahit Otomatis

Selain untuk setikkan lurus dapat digunakan untuk setikkan hias dengan tombol-tombol hias, dapat pula membuat lubang kancing, pasang kancing, dan sebagainya tergantung tipe mesin. Dengan menekan tomboh hiasan yang kita kehendaki, pembuatan berbagai macam setikkan hiasan dapat kita lakukan.

Mesin otomatis biasanya berbentuk portable atau tanpa menggunakan meja. Kegunaan mesin jahit ini sama dengan mesin jahit semi otomatis, perbedaannya adalah dalam mesin jahit ini memakai komponen yang lebih praktis. Pada mesin jahit otomatis tersebut cukup dengan menekan tombol saja sesuai dengan motif yang diinginkan.

Seiring perkembangan teknologi, mesin jahit sudah dilengkapi sistem komputerisasi dan layar monitor. Pengguna bisa mengatur sistem yang diinginkan melalui tombol-tombol yang tersedia. Mesin jahit Otomatis mampu memotong benang dengan sendirinya, mengunci jahitan diawal dan diakhir jahitan, mengatur pada langkah keberapa jahitan akan berhenti dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Pada awal penggunaan, anda akan merasa kaku dan sering salah dalam pengoperasian tetapi setelah terbiasa akan terasa lebih mudah dan melakukan pekerjaan akan terasa jauh lebih cepat.

mesin jahit portable
mesin jahit otomatis portable merek butterfly

 

Mesin Jahit Industri

Mesin jahit industri adalah mesin jahit yang mempunyai kecepatan tinggi, pengoperasiannya menggunkan dinamo dengan daya yang besar sehingga dapat menghasilkan kecepatan putaran mesin yang lebih cepat. Mesin ini disebut juga sebagai mesin jahit high speed dan banyak digunakan di industri garmen.

mesin jahit high speed
mesin jahit high speed

Mesin Jahit Khusus/Penyelesaian

Mesin jahit penyelesaian dapat disebut sebagai mesin jahit khusus. Mesin jahit ini hanya digunakan untuk satu macam penyelesaian jahitan saja. Misalnya mesin obras yang digunakan khusus untuk penyelesaian tiras (pinggiran) busana, mesin neci untuk membuat jahitan pinggiran neci, mesin kelim untuk membuat keliman pada blouse, rok atau celana, mesin pasang kancing untuk khusus memasang kancing, mesin lubang kancing khusus untuk membuat jahitan lubang kancing dan sebagainya. 

mesin obras
mesin obras

 

Alat Jahit Penunjang


Alat jahit penunjang atau alat jahit bantu adalah alat yang membantu kelancaran proses menjahit, antara lain :

  1. Alat ukur
    1. Pita ukur
    2. Veterband
  2. Alat tulis
    1. Pensil dan pulpen
    2. Penggaris
    3. Kertas atau buku tulis
  3. Alat pembuat pola
  4. Alat pemberi tanda pola
  5. Jarum tangan
  6. Jarum mesin
  7. Gunting
  8. Spul /kumparan
  9. Rumah spul (skoci)
  10. Macam-macam sepatu mesin (attachment), dll

Lihat lebih lanjut tentang alat jahit penunjang

Sumber :

  • http://belajar.ditpsmk.net/wp-content/uploads/2014/09/DASAR-TEKNOLOGI-MENJAHIT-1.pdf
  • modul pengoperasian alat menjahit, penyusun : Dra. Ermi Riawati, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan
  • dll

1 thought on “Pengenalan Alat Jahit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *