Singularity,,trend fashion 2019 versi indonesia trend forecasting

Bekraf kembali meluncurkan panduan trend bagi industri kreatif. setelah sukses dengan tema tahun 2018 greyzone, tahun 2019 bekraf meluncurkan panduan trend untuk tahun 2019/2020 yang diberi tema SINGULARITY.

Singularity dibagi lagi menjadi empat tema untuk mempresentasikan Indonesia di tahun 2019/2020.

1. Exuberant ( Keceriaan optimisme )

Exuberant di sini adalah karakter kemanusiaan yang dinamis dan cerdas. Karakter dasar dari tema ini adalah santai, ramah, sedikit nerdy, namun tetap stylish, dan lucu. mewakili karakteristik kaum muda yang antusias dan bersemangat. Didalamnya terdapat sub tema lagi yaitu :

a.  Posh nerds (Kutubuku berkelas )

Posh nerd sesuai dengan namanya adalah gaya tampilan yang menggunakan basic item yang biasa dipakai kutubuku seperti kemeja, swaeter, T-shirt, rok lipit yang terlihat out of date namun di mix and match sehingga menampilkan gaya yang fresh dengan pilihan warna yang beranid dan segar.

sumber: www.trendforecasting.id

b. Urban Caricature ( karikatur metropolitan )

Style urban caricature masih menggunakan basic item seperti posh nerd namun dengan tampilan lebih kekanakan. aksen yang diterapkan berupa gambar karikatur atau tokoh dalam komik atau film kartun, ringan dan jenaka.

sumber: www.trendforecasting.id

c. New age zen

Menggambarkan karakter yang narsis, aktif, relaks dan optimis. gaya yang sering dipakai adalah gaya casual sporty, dengan menggunakan kain jersey, mess dan beberapa kain yang mengaplikasikan teknologi anti air seperti microrib stop dan dry fit.

sumber :  www.trendforecasting.id

2. Neo Medieval ( Romantisme abad pertengahan )

Neo Medieval adalah pola pikir yang menjadikan kemajuan teknologi sebagai sebuah paradoks. Globalisasi membuat sebuah tren yang menyerupai abad pertengahan.

Tema-tema di abad pertengahan tetap mempesona dunia modern dan teknologi tinggi karena narasi romantis sejarah untuk menjelaskan pandangan yang membingungkan. Walau bernapas abad pertengahan, namun tema ini juga sangat futuristis. Neo medieval terdiri dari sub tema :

a.  Futuristic Medieval

Futuristic medieval menampilkan gaya yang merupakan pengembangan dari bentuk busana klasik yang secara elegan menonjolkan bentuk tubuh.  Siluet yang digunakan lebih banyak pada siluet pas badan, dengan garis desain dan potongan yang sederhana namun tegas.

sumber : www.trendforecasting.id

 

b.  Dystopian fortress

Gaya ini diilhami dari suasana peperangan, dimana terjadi krisis dan kehancuran. Busana yang ada didaurulang agar dapat digunakan seperti gaun, jaket, jubah direka ulang menjadi bentuk yang baru.

 

sumber : www.trendforecasting.id

 

c.  Armory (Pertahanan)

Gaya ini menampilkan elemen – elemen yang terdapat pada peralatan perang maupun kostum perang tokoh – tokoh pahlawan dan pejuang futuristik dalam film. Terdapat bukaan atau belahan yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan senjata rahasia, sabuk sebagai pelindung tambahan dan juga terdiri dari beberapa lapis yang berfungsi sebagai tameng.

 

sumber : www.trendforecasting.id
sumber : www.trendforecasting.id

3. Svarga ( Keindahan spiritual )

Tema tren ini mewakili poetnsi kemanusiaan yang inklusif dan berempati. Svarga berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti surga, menggambarkan pendekatan antar manusia secara spiritual.

Desain dari tema ini memperlihatkan berbagai produk berbasis kriya bernilai tinggi, menggarisbawahi warisan tradisi yang tak ternilai harganya dan kearifan lokal pelaku kriya tradisional. Dibagi dalam 3 sub tema yaitu :

a.  Couture Boho

Adalah gaya bohemian masa kini. Berkesan metropolitan, berkelas dan cenderung mewah, dengan bahan berkualitas tinggi dan pengerjaan yang halus. Dengan menggunakan hiasan sulaman, aplikasi, manik, dan payet. dengan kesan romantis karena menggunakan warna – warna pastel dan motif floral.

sumber : www.trendforecasting.id

b.  Supranatural

Gaya Supranatural, sesuai namanya cenderung gelap dan berkesan misterius. Penggunaan motif bahan dalam gaya ini banyak dipengaruhi oleh mitologi, relik, ajimat atau totem yang kerap digunakan dalam sebuah acara ritual dengan stilasi bentuk yang lebih sederhana yang ditampilkan menjadi sangat stylish sehingga menghilangkan kesan menyeramkan.Kesan tribal muncul melalui teknik makrame serta adanya rumbai – rumbai pada busana.

sumber : www.trendforecasting.id

 

c.  Festive Fiesta (Perayaan bersukacita)

Terinspirasi dari suasana panen di desa yang hangat dan gembira. Bentuk pita, umbul – umbul, dan balon menjadi elemen penting pada busana. Motif flora dan fauna juga tampil pada busana.

sumber : www.trendforecasting.id

4. Cortex ( Paradoks Kecerdasan Buatan )

Tema ini mewakili sistem dasar yang mendistrupsi kehidupan dalam Singularity. Dalam proses pengembangan desain, tema ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pembantu desainer, namun juga bisa menjadi desainer itu sendiri. Terdiri dari 3 sub tema yaitu :

a.  Fractaluscious ( Keindahan fraktal )

Gaya ini diinspirasi dari bentukan penampang otak, menampilkan keluwesan dengan menonjolkan garis – garis maupun bidang lengkung yang seolah bergerak mengalir dan tumbuh. Kesan tumbuh semakin jelas dengan pemakaian bahan transparan, menjadikan garis – garis lengkung bergelombang nampak berganda.

sumber : www.trendforecasting.id

 

b.  Coded ( Tatanan Kode )

Gaya ini terinspirasi dari kemampuan AI dalam memetakan dan menuangkan simbol, huruf, dan bentuk lain secara sistematis dalam program komputer. Dalam busana, konsp ini diterjemahkan menjadi susunan bentuk bulat, bujur sangkar maupun alur garis lurus dengan susunan yang menyerupai rangkaian kode.

sumber : www.trendforecaasting.id

c.  Glitch ( Seni Malfingsi )

Glitch yaitu gangguan yang muncul sesaat pada mesin yang menghasilkan sesuatu yang unik. misalkan pada mesin tenun, yang dapat menghasilkan Sebidang area yang berbeda dari pola yang seharusnya. dari sini, muncul gagasan pada desain dengan menampilkan bentuk – bentuk tajam tidak beraturan yang dapat diterapkan sebagai aksen maupun motif bahan.

sumber : www.trendforecasting.id

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *