Mempersiapkan Mesin Jahit Semi Otomatis dan Penyelesaian

Selain berfungsi untuk menjahit jahit lurus (setik lurus), mesin jahit semi otomatis dapat digunakan untuk membuat setikan hias dengan menggunakan cam (pola hias), lubang kancing, pasang kancing, dan sebagainya tergantung tipe mesinnya. Dewasa ini mesin jahit semi otomatis atau mesin jahit otomatis biasa juga disebut dengan mesin jahit semi portable dan mesin jahit portable. 

Mempersiapkan Mesin Jahit Semi Otomatis

Keluarkanlah badan mesin dari rumahnya keatas, pasang dinamo ke mesin dan ke arus listrik. Hidupkan mesin dengan menekan tombol on.

Komponen mesin semi otomatis

mesin jahit semi otomatis

Gambar bagian-bagian mesin jahit semi otomatis (sumber : mesinjahitonline.com)

Komponen mesin otomatis

Gambar komponen mesin otomatis

 

Cara mengisi kumparan

Beda dengan mesin jahit manual, pasang gelondong benang lewatkan pada alur benang atas kemudian letakkan kumparan yang berada diatas, posisi pemutar kumparan berada di sebelah kiri. Roda putar yang kecil (terletak ditengah roda putar) diputar ke kanan agar jarum tidak bergerak.

cara isi kumparan mesin otomatis
Gambar cara isi kumparan mesin otomatis

Memasukkan kumparan ke dalam skoci

Ukuran maupun bentuk kumpuran ada kalanya sama dengan mesin jahit manual. Untuk memasukkan kumparan kedalam skoci, sisakan ujung benang, kemudian masukkan ke dalam lekukan rumah skoci.

Memasang jarum

Terdapat beberapa jenis bentuk jarum yang hanya boleh di pakai, contohnya pada gambar di bawah ini. 

pasang jarum jahit
Gambar memasang jarum

Memasang sepatu mesin

Cara pasang sepatu mesin semi otomatis bisa memakai sekrup seperti halnya mesin jahit manual, bisa juga dengan memasang pengungkit yaitu membuka terlebih dahulu sekrup tiang jarum kemudian pengungkit bisa dipasang. Setelah pengungkit terpasang maka letakkan sepatu mesin dibawahnya kemudian letakkan ujung pengungkit tepat di bagian atas sepatu dan pengungkitnya dinaikkan, setelah menempel pengungkit diturunkan kembali.

Memasang benang atas

Untuk memasang benang atas dimulai dari meletakkan benang pada kelas benang atas, kemudian lewatkan pada tempat lilit benang atas, lalu lempengan piring benang atas. Masukkan pada lubang pungungkit, turunkan melewati beberapa tempat lilit benang. Terakhir baru masukkan benang pada lubang jarum yang sudah terpasang.

Mengeluarkan benang bawah

Cara mengeluarkan benang bawah sama seperti mengeluarkan benang bawah mesin jahit manual.

Gambar mengeluarkan benang bawah mesin kahit semi otomatis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mesin jahit penyelesaian

Mesin jahit penyelesaian yang akan disiapkan adalah mesin obras yang biasa digunakan untuk penyelesaian tiras pada busana. Mesin ini digerakkan dengan motor listrik. Pasangkan motor listrik pada mesin obras kemudian hubungkan stop kontaknya dengan aliran listrik.

Memasang jarum obras

Caranya sama dengan mesin jahit biasa yaitu dengan melonggarkan sekrup tiang jarum, selanjutnya masukkan jarum sampai keatas dengan bantuan penjepit (tang). Jarum obras bagian atasnya bulat. Perhatikan cara memasang jarumnya bagian cembung terletak dibagian belakang, setelah jarum masuk kemudian sekrup jarum di kencangkan.

Memasang benang

mesin obras
Gambar memasang benang obras

Untuk memasang benang obras perhatikan gambar. Jumlah benang yang akan dimasukkan ada tiga. Benang pertama terletak dibagian bawah depan mesin. Lubang jarum yang akan dimasuki benang ada 2 lubang. Benang kedua adalah benang atas dimasukkan pada jarum atas. Benang ketiga disamping kiri mesin. Lubang jarum yang akan dilalui benang juga dua buah.

Silakan baca juga tentang “mempersiapkan mesin jahit industri”, “belajar mempersiapkan mesin jahit”, “pemeliharaan alatjahit”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *